Redup Seredup Cinta - Cerpen Cinta

REDUP SEREDUP CINTA
Karya Meliana Mita

Tuhan tolonglah.. hapus dia dari hatikuu
Kini semua percuma.. tak’kan mungkin terjadi
Kisah cinta yang selalu aku banggakan..

Benar-benar hidup tak pernah bisa ditebak, kadang senang.. kadang juga sedih.. apalagi kalau menyangkut hati.. wah-wah.. patah hati ? pasti GALAU.. begitulah yang dirasakan Vika Arditha.. pangil saja Vika, siswi remaja, yang dilanda galau. Yap. Gara-gara cintanya yang belum juga dimulai, sudah pupus begitu saja ~
“Vik, heey? Yakin gak papa?”

Fahri yang melihat sahabatnya termenung diatas gedung sekolah, menjadi tak tega.
“Butuh gue cariin pengganti dia?”
“hah?” Vika tersentak.. “Ga gampang sayang sama orang far..”
“hmm..ia ya..maaf deh” Fahri membelai halus rambut Vika.
****

Redup Seredup Cinta
Sabtu yang cerah, sinar mentari telah datang menghampiri.. memecah belah kesunyian dalam langkah kecil penuh harapan. Vika telah terbangun dari mimpinya, dia menyadari pasti tuhan punya rencana yang lebih baik. Ya.. dia hanya harus sabar untuk menunggu cintanya datang.

Treeettttt……………… treeetttt…………… treeettt…,, Hp Vika terus bergetar.
“hmm..ia sabar dongg..gak tau apa gue lagi ribet” Diraihnya ponsel yang terus berdering.

6 panggilan tidak terjawab.. dari Tari
“OMG.. gue lupa sekarang ada seminar..hadeehh.. pantes aja.”
Vika segera bersiap, secepat kilat diraihnya kunci motor dan tancap gas kegedung Talayangan. Karena sepuluh menit lagi seminar akan dimulai. Sesampainya disana, seperti biasa Tari yang menunggu kehadirannya DARI TADI menatapnya dengan tatapan sinis. Yah apa boleh dikata, kalau LUPA?gimana hayoo.. disampirinya Vika yang sedang celingak-celinguk mencari rombongan teman-temannya.

1 222 333 333… pasang kuping tebal-tebal Vikkk..
“………………………………”

Hha.. tepat dugaan, Tari langsung ngomel-ngomel dengan bahasa jawanya yang asli medok. Vika menahan tawa. Dibiarkannya ocehan itu terus keluar dari bibir sahabatnya, sebenarnya pun Vika tidak sepenuhnya mengerti apa yang Tari katakan.
Untung pake bahasa jawa.. ujar Vika dalam hati

Saat seminar berlangsung, perut cewek itu terus saja berbunyi Kriukkk…..Kriukkkkk…
“Tar, kita disini gadapet makanan ya?” Vika menyenggol-nyenggol bahu temannya yang sedang asyik mendengarkan para pembicara menjelaskan materi dalam seminar.
“Tidak tau aku mba”
“Hah?buset.. gue kelaperan ini, tadi lupa makan.” Teriak Vika

Tiba-tiba..
“TOLONG YANG DISANA JANGAN BERISIK”
“Hmmm… maaf-maaf yo, tadi temen aku keselek aja.hhe..” Tari menyela “Tuh kamu ini kalo laper tinggal keluar sana, gausah teriak..teriak..bikin aku malu saja”
“Hhee...maap, yaudah gue keluar bentar”

Vika pun keluar, pergi mencari makanan untuk mengisi perutnya yang tidak berhenti bernyanyi. Setelah mendapat sepelastik batagor, Vika enggan untuk kembali kegedung itu. Dilihatnya sisi sekitar.. ternyata sepi, cewek itu seketika terpana, ada DANAU kecil yang diselimuti pepohonan rindang. Vika melangkah mendekati danau itu. Angin sepoi-sepoi hilir mudik mengikuti langkahnya.
“Waww……”
Vika duduk dipinggir danau, disentuhnya air yang jernih mengalir tenang. Seketika terngiang kenangan lama bersama Ridwan. Cowok yang selalu membuat hatinya jungkir balik.

Andai hati gue setenang ini, tuhaannn..
“A… RIDWAN……. GUE BENCI LO. LO SELALU MAININ GUE. GUE JANJI, AKAN GUE BALAS LO NANTI… KENAPA LO HARUS SAMA DIA SIHH…. LO TAU GUE SAYANG BANGET SAMA LO…”

Diluapkannya semua amarah, amarah yang selalu mengganjal hatinya. Dia ingin menangis, tapi air matanya serasa sudah kering. Dilemparnya makanan yang digengamnya..jauh-jauh.. tiba-tiba ada yang menepuk pundaknya dari belakang. Tapi Vika enggan berbalik.
“Gak baik marah-marah sendiri.. nanti JIN penunggu danaunya marah, didatangin loh.”
“Hah masa? Emang disini ada JINnya? Ehh.. Lo siapa? Gue gak kenal lo..”
“Kalau nanya satu-satu..” cowok itu mengerutkan keningnya “Lo yakin gak inget sama gue Vik?”

Ditatapnya cowok itu lekat-lekat..
“OHhhh.. Lo Ferdi anak SMA Bitatura itu kan? Yang dulu dateng di acara pensi sekolah gue?”
“Nah.. itu lo inget..” seketika keheningan muncul
“Hmm.. emang enak sih, kalau kita lagi ada masalah dateng kesini.. danau ini walaupun kecil tapi bisa menampung amarah kita yang besar.. gue sering banget kesini, ini basecamp gue..tapi kayaknya, gue baru ngeliat lo deh..”
“Ia… gue baru pertama kali kesini.. hah,, rasanya PLONGGG…” Vika tersenyum
“Ehh.. udah lama ya kita gak ketemu..”
“Haaha.. ia bener, eh berarti lo lagi ada masalah juga dong? Tentang Cewek ya.. ecieee… cerita dong..”
“Mau banget diceritain-_-? Oke boleh, asal lo juga Curhat sama gue.. Diel?”
“Diell…..”

Sepertinya kini Vika mulai bisa membuka diri, mereka saling bertukar pikiran. Memang masalah hati itu selalu sulit untuk dipahami, hanya sang penguasa yang bisa mengaturnya. Dihabiskan sisa-sisa senja di danau itu, Vika lupa bahwa sobatnya, Tari sedang sibuk mencarinya.
“HAduhh… kemana lagi kamu VIk, pegel akuuu ..“
****

Perlahan mulai luruh.... Tak ada alasan untuk Vika terus mengenang cinta lamanya. Ya.. walaupun belum sepenuhnya, tapi kedatangan Ferdi mulai kembali mengisi kekosongan dalam hatinya. Mungkin terlalu cepat untuk menyebut ini cinta atau hanya sebatas kagum? Ferdi.. cowok supel yang kini selalu ada saat Vika membutuhkannya. Begitu juga Vika, dia selalu ada untuk Ferdi. Karena masalah tentang cinta yang mereka alami tidak begitu berbeda. Hanya nasib Ferdi yang jauh lebih beruntung dari Vika, karena Ferdi sempat bersama cintanya, walau hanya sesaat.
Bagaikan tetesan.. hujan dibatasnya kemarau
Berikan, kesejukan yang lama tak kunjung datang..
Menghapus dahaga, jiwaku akan cinta,, sejati……………

Vika sedang asyik menyanyikan lagu didanau yang kini menjadi tempat singgah favoritnya. Tapi hari ini tanpa Ferdi, cowok itu sedang sibuk dengan tugas-tugas sekolahnya. Ia hanya menemani Vika dengan SMS. Hampir setiap menit mereka saling bersendau gurau dari kejauhan. Hanya ditemani sepelastik es durian tanpa duriannya dan gitar kecil yang asyik dipetik oleh Vika.
****

Treeettt…treeetttt 1 message datangggg.. dari FERDI, dibukanya SMS itu
“Hay Vik, udah waktunya solat Magrib.. jangan lupa solat ya :}. Nanti habis solat aku pingin cerita tentang seseorang nih, orang yang sangat SPESIAL.. oke..bye”

Vika membalas “Oke.. :D”Selesai beribadah Vika kembali sibuk dengan HPnya,
“Hmmm… gimana? Udah selesai nih.. cerita dong” satu pesan terkirim

Drtttt……….drttt.... Balasan datang
“Cie Kepo ya?.*ehh gue lagi Suka sama seseorang dong. Hayoo tebak siapa? Lo pasti ga nyangka deh orangnya siapa”
Hah? Yaampun Jlebb banget.. pupus sudah.

Eh apaan sih lo Vik, hadeehhh…
“Oh..siapa ya? Ciee.. selamat deh. Semoga lo cepet bareng dia ya :} jangan sampai yang dulu keulang lagi.” Vika membalas sms itu dengan berat hati, seperti ada yang menusuk hatinya. Tapi dia pun tidak mengerti. Vika berusaha menyemangati cowok itu dengan caranya.
Mulai dari situ Fahri terus menceritakan apa yang cowok itu rasakan saat ini. Sebenarnya siapa cewek itu pun Vika tidak tau. Lama kelamaan Vika ingin menjauh, tapi dia tidak yakin hatinya sanggup. Akhirnya kini Vika mengerti, ternyata dia benar-benar Menyayangi FAHRI. Tapii .. sayangnya, mungkin terlambat :{
****

Hanya karena cinta, seseorang bisa lebih merasa berarti.. tapi saat cinta yang hilang dan telah terlupakan itu datang kembali dalam pelukan, mulai membangkitkan kerinduan yang sulit untuk ditepis. Bimbang~ itulah yang dirasakan Vika. Ridwan, setelah putus dari Keyla. Dia mulai mendekati Vika, entah apa maksud kedekatan itu. Vika bukan cewek bodoh, dia enggan membuka hatinya untuk orang yang pernah melukai hatinya.
“Hay..Vik, please jangan jauhin gue dulu. Ya gue tau dulu gue jahat banget sama lo tapi sekarang gue sadar.. MAAF”
“…………………………….”

Busett ini orang..
“hmm ia. Gue udah maafin lo koq.”
Setelah kejadian yang tak terduga itu, Vika segera mencari HandPhone nya dan sesegera mungkin ia meminta pendapat dari Ferdi.
***

Ternyata cewek yang dimaksud Ferdi itu… VIKA, yap tetapi belum waktunya untuk Vika mengetahui itu. Padahal Ferdi sering memberikan clue-clue yang bodohnya VIKA GAK JUGA NGERTI. Sekarang kebimbangan itu juga dirasakan Ferdi, dia tau kini Vika mulai dekat dengan cinta lamanya. Padahal sebenarnya Vika tidak sepenuhnya dekat dengan Ridwan. Karena dengan kedekatan itulah Vika dapat menjauhi Ferdi. Vika tidak ingin hubungan Ferdi dengan cewek yang jadi incarannya terganggu. Walaupun jujur, Hati Vika sangat tertekan. Rasanya Semenit menjauh.. seperti setahun dipacul. -_-“
“Vikkaaaa…………………………………………….. guuue sayang sama lo..”

Teriak ferdi dikala kesunyian malam ditengah danau itu terasa.
“Oke Vik, kalo lo maunya begitu.. gue akan lepas lo. Gue CAPEKkk”

Di ambilnya ponsel hijau itu, ditatapnya dalam diam.. diketiknya kata-kata yang seharusnya tidak perlu diungkapkan.
“Hay Vik, apa kabar?ehh gue ada kabar gembira nih. Gue udah jadian loh sama cewek itu haduhh ternyata perjuangan gue gak sia-sia juga. Hmm, semoga lo juga sama ya. Sama RIDWAN..oia tolong jangan ganggu gue dulu, gue mau focus ke cewek gue.. Bye..”
Terkirim.... untuk Vika
Hah? Setelah Vika membaca pesan itu. Air matanya mulai turun, tidak terbendung rasanya, padahal Vika baru saja membuat pilihan.. bahwa dia ingin mengejar Ferdi, bukan Ridwan. Tapi………
Bodoh banget sih gue..hiks.. Vika menghela nafas panjang
BODOOHHHHH kenapa jadi begini…apa se redup ini jadinya?cinta gue.. apa gue itu pengganggu? Huaaa……. :’{
Ukiran hati yang terus menggantung dan seharusnya dijadikan hadiah untuk Ferdi, tidak tega untuk dicabutnya, dibuang atau dilempar..
*****

Setelah Vika menyadari satu hal, Vika harus berlapang dada.. didatanginya danau kecil itu, tidak lupa dibawanya Ukiran hati bertuliskan namanya dengan ferdi.
“Fer..kalo lo mau gue lepas dari lo, gue akan jauh.. Jauh sejauh jauhnya dari lo.. gue berterimakasih lo udah temenin gue. Jadi obat saat gue butuh. Semoga lo dan gue..” Vika tidak bisa melanjutkan kata-katanya.
Vika termenung, mungkin ini saatnya…………………….

Fer.. ini ukiran hati gue buat lo. Gue gantung disisi pohon yang sering kita senderin, mungkin lo gak akan ketemu gue lagi. Tapi semoga ukiran ini.. selalu bisa nemenin lo..
Sepucuk surat kenangan sekarang tersender dengan ukiran itu. Vika pun pergi. Jauh dari ferdi.
Keesokannya Ferdi juga mengunjungi danau itu. Dengan langkah tergontai dicarinya tempat biasa ia bersandar, sambil membaca komik. Ferdi terpana, ada yang bergantung tidak jauh dari atas kepalanya. Sebuah ukiran, dengan surat disisi kiri. Diambilnya surat dan ukiran itu. Dibukanya perlahan.. dari… VIIKKAA.. dengan cepat dibacanya surat itu.

Ya tuhann ternyata cinta gue gak pernah bertepuk sebelah tangan.. tapi, salah paham.. sekarang benar-benar tenggelam. Vika maafin gue yang terlalu bodoh buat lo.
Begitulah akhirnya, apabila cinta diawali dengan kebohongan pasti akan berakhir sia-sia. Langkah awal, akan selalu menentukan hasil… begitu pula dengan cinta.

`THE END`

PROFIL PENULIS
Hay.. Nama lengkap gue Meliana Suharmita, umur 16 tahun dan mempunyai Hobby mengarang cerita cinta. hehe :D gue adalah salah satu siswi di SMAN 9 bekasi.
oia, jangan lupa add facebook gue ya : Mellyana Mytha

Labels: ,