Cinta Tapi Beda - Cerpen Cinta

CINTA TAPI BEDA
Karya Ahmad Rofiki

Setelah Sally menghilang dari kehidupan gue. Gue di pertemukan teman-teman yang berbeda, yaitu teman yang ada di UNJ jurusan Pendidikan Sosiologi REG 2012. Waktu pertama kali masuk PSR gue ngerasa gue ga punya temen, rasa yang gue rasakan saat itu adalah kesunyian, kehampaan setelah MPA gue laluin dengan Bete, Kesel, Capek dan tanpa Kawan satu pun. Gue masuk di PSR satu-satunya orang yang bawa bekel di kelas, lagian gue ga sarapan dari rumah. Satunya cara supaya ga sakit cuman bawa bekel.

Setelah itu ada tugas pertama yang dikasih dosen pada mata kuliah Sosiologi, di situlah gue mulai mengenal kawan-kawan baru yang bernama. Daru, Tyas, Fika, Loli, Sinta, Yanti. Kita di suruh bikin tugas tentang Stratifikasi Sosial. Nah kebetulan di kelompok gue ada Daru, yang gue rasa pinter orangnye sm Loli juga. Eh gataunya teman-teman, parabet. Gue juga yang ngerjain ringkasan ditulis di polio buat diketik dippt. Trus emang nasib jomblo kali yaa, di ledekin muluuu. Jadi teman-teman, gue di ledekin cie cie sama Sinta. Hhaha hayam

Cinta Tapi Beda
Jurusan gue ngadain MAKRAB. Gue bela-belain ga ikut MAKRAB dengan alasan gue ikut UKM. Dengan harapan gue bisa menjadi artis seperti Sule. Setelah gue masuk ke UKM gue latihan drama, gue melakukan apa yang disuruh kakanya yaitu berakting. Tapi apa daya yang gue bisa perbuat, gue akhirnya keluar juga dari UKM karena ga kuat pulang latihannya terlalu Malam. Trus juga acara PKMJ gue ga ikut, gatau kenapa emg dasar gue males kale yak, hehe.

Setelah gue dengan kelompok Sosiologi, gue sering ngobrol sama Loli. Yaa kebetulan aja gue selalu duduknya deket sama dia trus kita satu kelompok. Di kelas gue suka manggil-manggil dia, yaa emang karena gue cuma kenal dia doang belum kenal yang lain. Gatau kenapa gue bisa nyambung kalo ngobrol sama dia, lagi pula dia orangnya asyik dan baik, manis pula. Sehingga akhirnya timbullah gossip yang beredar bahwa gue sukain dia di kelas. Yaa mungkin ini resiko cowo klo betemen sama cewe di gossipin, haha

Setelah kelompok Sosiologi, gue dapet tugas kelompok Ekonomi. Temen-temen baru gue dapetin, namanya Firman, Maria dan Julia. Waktu gue kerjain Ekonomi mepet banget gue, buru-buru mengejar waktu. Gara-gara gue ngerjain Ekonomi, inilah yang mutusin gue buat berenti dari latihan UKM. Kalo watak dari temen-temen gue, kata temen-temen gue Firman orangnya Alim kayak Ustad. Fisiknya juga ada jenggot kaya kyai, haha. Jago maen marawis, bhasa arab juga lumayan. Sekarang ada kelebihannya dia, sumpah dia lucu abis. Ga nyangka gue, dia selucu dan segokil seperti sekarang. Kalo karakter Maria, gue kira dia orangnya asyik soalnya suka manggil-manggil gue waktu pertama kenal. Eh lama-lama males gue, soalnya dia selalu ngeledekin gue. Kalo Julia gatau gue, kami jarang ngobrol.

Setelah kelompok Ekonomi, ada kelompok Sejarah. Gue satu kelompok bersama Husen dan Hasan. Husen ini dari undangan anak SMAN tangerang, anak kost. Hasan kata temen-temen gue orangnya pendiem, tapi sekalinya ngomong nyesek. Gatau lagi karakter dari mereka soalnya jarang ngobrol gue.

Nama gue Cahyo, gue mencintain orang yang berbeda dari gue, beda dari orangtua, asal usul gue, lingkungan gue, agama gue. Orang yang gue cintain itu bernama Sinta , mungkin kita tinggal didunia pasti sudah ditakdirkan menjadi anak. Entah itu menjadi anak orang kaya atau miskin, memeluk agama atau tidak, memakai budaya apa. Tapi ketika semua itu dihadapkan dengan perasaan cinta pasti menimbulkan suatu kejolak. Seperti gue sekarang ini, gue dipertemukan dengan seseorang yang beda.

Waktu itu gue cuma main-main doang atau becanda, gue ngeledekin dia pada saat pelajaran ekonomi berlangung " Gue mau nanya dong? gue mau nanya tapi... tapi yang jawab harus cewe pake baju warna biru kotak-kotak!" sontak temen-temen langsung ketawa. hahaha cieeeee Cahyo. Semenjak kejadian itu temen-temen gue semua menganggap bahwa gue suka beneran sama dia, tapi gue mah santai-santai aja woles gajah. Kehidupan gue langsung berubah menjadi lebih berwarna ketika temen-temen ngeledekin gue sama dia. Berwarnanya dimana karena gue sama dia beda, berbeda keyakinan dan budaya. Entah apa kata temen-temen kalo emang beneran gue jadian sama dia? Oh ga bisa ga bisa gue bayangin.

Semua alat bantu untuk gue komunikasi sama dia udah gue dapetin, mulai dari nomer telepon, twitter, add facebook. Memudahkan gue untuk, yaah untuk ngobrol lah walau itu dikit. Sebenarnya ada kegiatan yang pengen banget gue lakuin yaitu gue mau main drama bareng sama dia. Disitu gue ceritanya akan menembak dia, tapi sayang banget acara lomba itu ternyata gagal. Menghilang tanpa kabar dan itu hanyalah menjadi harapan gue. Kalo alat komunikasi sudah dapet, gue lagi mencari Identitas dia, mulai dari alamat rumah, nama orangtua, tapi yang gue tau dia tuh tinggal di Depok.

Tapi Depok itu jauh dan gue belom pernah sama sekali pergi ke Depok. Gue mulai merasakan suatu hal yang mungkin gue ga boleh untuk merasakannya, waktu itu emang gue niatnya cuman... cuman emang bener-bener becanda. Namun rasa itu datang dengan sendirinya tak tau kenapa datang, rasa yang membuat gue benar-benar pusing tujuh keliling, mabuk kepayang yaitu rasa suka sama dia. Tapi rasa itu terbentur dengan adanya perbedaan diatara kita, kita beda. Perbedaan itu terlihat dari keyakinan, budaya, latar belakang, status.

Keyakinan gue yang dari kecil memeluk agama islam, sedangkan dia agama nasrani. Budaya gue yang memakai budaya orang betawi, sedangkan dia budaya orang batak. Latar belakang gue yang katanya orang betawi itu adalah suku paling ramah di Indonesia, sedangkan dia suku batak yang terkenal suku paling keras di Indonesia. Status dia yang anak orang kaya, sedangkan gue anak yang biasa-biasa saja. Budaya batak pada saat perkawinan adalah tidak boleh menikah dengan sesama marga. Budaya betawi yang mengharuskan laki-laki harus menikah dengan perempuan betawi. Suku betawi bertemu dengan suku batak, gue rasa bakalan jadi seperti permainan lenong. Lah ‘kan kedua suku itu jago ngelawak, hahaha


#CINTA TAPI BEDA.
GUE GAK MUNGKIN BISA BERSATU SAMA DIA.
KARENA LINGKUNGAN KAMI YANG BEDA !!

PROFIL PENULIS
Ahmad Rofiki
Pendidikan Sosiologi UNJ'12
ahmad.rofiki.23 Facebook

Labels: ,