Sunset dan Beach - Cerpen Cinta Romantis

SUNSET DAN BEACH
Karya Lupita Nilam Mayangsari

Sunset dan pantai kedua hal ini selalu mengingatkanku dengan Bali. Aku sekarang tidak sedang di Bali, tapi aku selalu mengingatnya bila aku melihat 2 hal tersebut, terlebih itu yang membuat aku bisa bersama sosok disampingku ini. Dialah Aldi kekasihku........
°°°°

“mah boleh ya aku ikut temenku ke Bali!!!” rayuku.
“sekali gak ya gak sayang.” Jawab mama. Akupun langsung cemberut dan meninggalkan mama menuju kekamar. Ya aku Tami lebih tepatnya Claudia Pratami, aku kesel sama mama yang gak ngizinin aku buat berlibur di Bali. Aku sedang liburan semester 3 dan aku gak mau liburan semesteranku seperti semester sebelumnya cuma di rumah, sedangkan sahabat-sahabatku pada berlibur entah kemana dan rencana liburan kali ini mereka ke Bali. Aku pengen banget ke Bali pulau yang romantis dan penuh dengan bule-bule ganteng yang mungkin bisa ku gait, tapi dengan mama yang super protektif ini kurang meyakinkan untukku. Aku bisa maklumi larangan mama karna memang aku hanya tinggal sama mama, sudah 5 tahun papa pergi meninggalkan kami.

Sunset dan Beach
Krriiinggg... krrriingg. Segera ku angkat telfon
“Ya halo sapa nih?.”
“Gile ketus amat lo. Ini gue Gita.”
“Eh lo, ada apa? Sorry gue lagi kesel.”
“Kesel kenapa? Gimana boleh sama mamah lo?”
“Usaha gue nol besar, gue gak diizinin.”
“Hmm gimana kalo gue sama Dera aja yang rayuin mamah lo?”
“Ide bagus tuh oke besok lo ke rumah gue ya!”
“Ok ok gampang.”

Keesokan harinya Gita dan Dera datang ke rumah untuk merayu mama. Awalnya mama tetep gak ngizinin tapi berkat rayuan maut mereka berdua akhirnya aku diizini.
“Makasih ya mama.”
“Iya sayang tapi kamu jangan macem-macem ya di sana!”
“Siip”
°°°°

Pukul 11.00 WITA di Bandara Ngurah rai Bali.
“Tami cepet dong!” perintah Gita dengan kesal.
“Sabar dong lo gak liat apa barang bawaan gue berat nih.” Jawabku sambil berusaha membawa 2 koper, dan 1 tas jinjing besar.
“Elo sih liburan kayak mau pindahan.” Celoteh Dera.
“Ngikut-ngikut Gita aja lo.”

Tiba-tiba Farah sepupu Dera datang, rencananya kita akan tinggal di rumah tantenya Dera dan Farah itu sepupu Dera, dia cantik dan tinggi apalagi dibalut dengan dress putih bermotif bunga ditambah dengan blezer biru. Dia ternyata seumuran dengan kami dan sekarang ini dia kuliah di Universitas Udayana jurusan kedokteran. Setelah sampai rumah Farah kami istirahat sejenak sambil berfikir untuk merencana kemana kita akan pergi hari ini, dengan hebohnya aku langsung ngasih usul mereka ke pantai Kuta. Tapi Gita dan Dera gak setuju, alasan mereka panaslah ntar itemlah.
“Kan biar makin tambah eksotis.” Rayu Gue.
“Bukannya eksotis tapi yang ada jadi kayak areng dodol.” Cletuk Dera sambil nonyol kepala gue.

Akhirnya aku nurut mereka berdua aja, gimana lagi dua lawan satu. Sore ini kita langsung aja ke Kuta dengan dianter Farah, udah kayak guide aja dia.
“Wiihhh.. keren abiss, eh tuh bule ganteng.” Kataku sambil melepas sepatu.
“Dasar lo.” Tonyol Dera
“Eh.. maen tonyol aja lo, sini lo kalo berani.” Kataku sambil mengejar Dera yang berusaha lari menghindar

Saat gue ngejar Dera dan hampir aja kena tiba-tiba gubraaakkk.....
“Aduuuhhhh maaf mas.” Kataku sambil berusaha membersihkan lenganku. Saat aku berusaha berdiri appphhh.. OMG ganteng banget nih cowo sempurna. Kenapa nafasku jadi sesak begini.
“Tami lo gak papa kan?” kata Dera,Gita,Farah mengganggu lamunanku.
“Gak papa.. eh mas maaf gak sengaja.” Kataku pada cowok itu.

Tapi cowok itu cuma berlalu ninggalin aku gitu aja tanpa jawab permintaan maafku. Ngomong “iya gak papa” atau “kamu baik-baik aja” salah pikiranku tentang cowok itu.
“Wiiihh sok cool banget tuh cowo.” Kataku setelah cowok itu telah berlalu dari pandanganku.
“Lo sih mi pake acara ngejar gue, jadi nabrak kan mending tuh cowok nyautin kata maaf lo.. eh malah kabur gitu aja yang ada lo malu kan.”
“Lo kok jadi nyalahin gue sih Der.. yuk balik.”
°°°°

Seminggu sudah kita berlibur di Bali dan hari ini hari terakhirku berada di Bali tapi entah kenapa aku selalu kepikiran cowok yang aku tabrak itu, apa jangan-jangan aku suka sama cowok itu. Aiissshhh gak-gak aku gak mungkin suka cowok itu. Dia kan udah sombong sok ganteng ihhh amit-amit.
“Woooyyy kenapa lo.” Gita mengagetkanku
“Eh.. apaan sih lo main ngagetin aja.”
“Habis lo ngelamun sih, Ngelamunin siapa hayoo?”
“Ngelamun apaan sih.. gue gak ngelamunin siapa-siapa.”
“Udah jujur sama gue, gue kan sahabat lo masih aja main rahasia.”
“Jujur git gue kepikiran cowok yang gue tabrak di Kuta.”
“Jangan-jangan lo naksir cowok itu?.”
“Ehh gak-gak dia kan udah jutek sok ganteng pula.”
“Udah gak usah nutup-nutupin perasaan.”
“Apaan sihh.” Kataku sambil cemberut lalu tertawa bersama. Tiba-tiba Dera datang menghampiri kami berdua.
“Weeyy udah siap-siap belom kalian jam 4 sore kita dah nyampe bandara loh.”
“Yahhh bakal ninggalin bali dong.” Kata Gita sedih
“Yahh gue kan belom nemuin cowok itu, bakal gak bisa ketemu cowok itu donk.” Kataku tanpa sadar.
“Cowok apa?” tanya Dera
“Eh gak bukan siapa-siapa.”
“Cowok yang dia tabrak di Kuta Der.”kata Gita membocorkan
“Ah lo katanya cowok itu sok cool, sombong tapi kepikiran.”
“Apaan Git, gak kok Der Gita ngawur tuh.”
“Lo gak bisa boong sama gue.”
°°°°

Pukul 16.00 WITA di Bandara
“Farah maaf ya seminggu ini gue dah repotin elo. Gue sedih bakal ninggalin elo sama Bali pasti bakal kangen deh.” Kataku pada Farah
“Sedih ninggalin bali atau cowok itu.” Celetuk Dera
“Berisik lo.”
“Iya Farah malah seneng ada Tami sama Gita jadi bisa nambah temen, Farah seneng bisa kenal kalian sering-sering ke Bali ya.”
Kamipun berpelukkan, selama di Pesawat aku keinget terus sama cowok itu . Aku berusaha lupain anggep aja itu hanya kejadian biasa.

Liburan semesteran udah berakhir,udah seminggu ini aku kembali ke rutinitas seperti biasa yaitu ngampus.
“Pagi mamah.”
“Pagi Tami, sarapan dulu nak.”
“Tami buru-buru mah udah hampir jam , Tami lupa kalo ada kelas. Udah dulu ya mah emmuach.”
“Eh sayang ati-ati ya.”
°°°°

Jam 08.15 di Kampus
Wahh aku telat mampus hari mana dosen killer.
“Tami kenapa lo lari-lari.” Dera dan Gita menyapaku
“Lo gak masuk kelas?”
“Dosennya gak masuk.” Jawab Gita
“Untung hampir gue.”
“Emang lo sekelas sama kita?” tanya Dera
“Wahhh parah gue lupa.”

Aku buru-buru lari meninggalkan mereka berdua yang sedang asik tertawain penderitaanku. Setelah berusaha nyampe kelas untung aja dosennya lagi baik hati jadi diizinin masuk maklum tanggal muda. Setelah jam kuliah selesai aku berusaha mencari Dera sama Gita tapi mereka gak ketemu-ketemu.
“Woyy..” tiba-tiba gita muncul di belakangku
“Hobi lo ngagetin gue dari mana sih di cari susah, Dera mana?”
“Gue habis dari perpus, udah pulang dia di jemput si Ferdi.”
“Asiknya yang pacaran, lo kan dah gak ada kelas gue juga dah gak ada kelas mending jalan ke toko buku yuk.”
“Aduh sori mi bukannya gak mau nemenin tapi gue mau ke rumah sakit sama mamah, om gue masuk rumah sakit.”
“Yachh ya udah deh gue ke toko buku sendiri semoga om lo cepet sembuh, titip salam ya buat mamah sama om lo.”
“Oke gue duluan ya mi.”
“Okey.”
°°°°

Sampai di toko buku aku mencari-cari buku yang aku pengen, waktu udah nemu buku yang aku ingginkan tiba-tiba ada yang gak sengaja jatuhin buku di dekatku, dengan refleks aku ambil buku itu dan si pemilik buku juga hendak mengambil saat muka kita bertatapan ternyata...
“Elo kan cowok sok cool yang nabrak gue di Kuta.”
“Elo yang nabrak gue.”
“Iya gue yang nabrak.”
“Sori waktu itu gue cuekin lo.”
“Hmm..” entah kenapa bukannya gue marah gue malah seperti terhipnotis kata maafnya.
“Eh lo kenapa?”
“Gak papa gue cuma kesel aja waktu itu.”
“Sebagai permintaan maaf gue mau traktir lo makan mumpung kita bisa ketemu.”
“Gak repotin nih?
“Gak kok ayok.”

Aku menyanggupi permintaan cowok itu yang ternyata bernama Aldi, entah kenapa saat bertemu cowok itu aku ngerasa hatiku deg-degan gak jelas gini.
“Lo kok bisa di Jakarta?”
“Emang gue asli tinggal di sini, waktu itu gue lagi liburan di Bali.”
“Gue gak nyangka ternyata lo baik gak sesuai pikiran gue waktu itu, tapi kenapa waktu itu lo cuekin kata maaf gue?”
“Waktu itu gue habis ribut sama cewek gue, eh mantan maksudnya.”
“Kalo boleh tau kenapa?”

Tiba-tiba Aldi diam sejenak, gue jadi ngerasa gak enak udah tanya gitu.
“Sori-sori kalo lo gak mau jawab gak papa kok.” Kataku merasa bersalah
“Eh gak kok jadi mantan gue selingkuh sama sahabat gue sendiri, gue gak nyangka kalo dia berbuat gitu ke gue sahabat yang selama ini gue percaya ternyata nusuk gue dari belakang dan cewek yang sangat gue sayangi ternyata tega duain gue dan sampe sekarang sulit buat gue lupain hal itu.”
“Lo yang sabar ya, gue gak tau bilang apa habis gue belom pernah pacaran jadi gak tau rasanya sakit hati.”
“Lo belom pernah pacaran?”
“Iya emang kenapa?”
“Aneh aja lo kan udah kuliah tapi belom pernah pacaran.”
“Emang masalah ya.” Jawabku cemberut
“Jangan cemberut dong.” Kata aldi sambil mencubit pipiku
Sejak pertemuan 3 bulan lalu aku gak nyangka kita bisa seakrab itu dan itu berlanjut sampe sekarang, kita sering jalan bareng seperti sepasang kekasih dan itu buat aku merasakan jatuh cinta sama Aldi tapi entah apa Aldi rasain hal yang sama. Aku juga cerita hal ini ke Dera dan Gita mereka nganggep kita berjodoh soalnya kita bisa bertemu secara gak sengaja 2 kali dan mereka nyuruh aku buat ngungkapin perasaanku ke Aldi, sempet aku kepikiran tapi aku rasa itu gak mungkin aku kan cewek.
°°°°

Hari ini Aldi ngajak aku jalan seperti biasa, entah kenapa aku pengen menghindari Aldi tapi aku gak sanggup aku berfikir mungkin suatu saat Aldi akan menyatakan perasaannya. Tiba-tiba suara klakson motor Aldi mengganggu lamunanku, aku lupa dengan cepat aku langsung siap-siap.
“Mi ayokk jalan lama banget sih.” Sahut Aldi di depan rumah
“Sori-sori Al.”
“Elo kelamaan dandan pasti, udah gak usah pakek acara dandan lo tetep jelek kok.”
“Hina gue terus.”
“Gue bercanda lo cantik kok.”
“Apaan sih.” Jawabku malu

Jam 13.00 di Cafe
“Eh Al 2 minggu kedepan gue ujian akhir semester lo jangan ajak gue jalan dulu ya.”
“Siapa juga yang bakal ajak lo jalan.”
“Kebiasaan lo.”
“Habis ini nonton yuk.”
“Ayukk tapi traktir ya.”
“Ah lo maunya geratisan, iya gue traktir.”
“Wahh makasi Aldi Fahreza.”
“Aama-sama Claudia Pratami jelek.”
°°°°

Jam 11.00 di Kampus
“Tami jalan yuk refresing otak gue penat gara-gara ujian nih.” Kata Dera tiba-tiba
“Ayuk gue juga nih mana tadi soalnya gak jelas.”

2 minggu sudah kami ujian semesteran dan akhirnya selesai juga kepala berasa penuh dan akhirnya kita jalan-jalan ke puncak.
“Mi gimana kabar Aldi?” tanya Gita
“Gak tau nih dari tadi gue hubungin gak nyambung.”
“Lagi sibuk kali.”sahut Dera
“Iya kali, eh kita kesana yuk.”ajakku
“Ayuk”

Saat kita jalan ke arah pedagang jagung bakar tiba-tiba aku melihat sosok Aldi tapi dia bersama seorang cewek, awalnya ngobrol serius lalu mereka berpelukan. Hatiku rasanya sakit aku ra aku gak bisa nahan air mata lagi.
“Kita balik sekarang.” Ajakku sambil menahan tangis
“Kenapa mi?.” Tanya Dera namun aku langsung pergi meninggalkan mereka berdua.
“Der itu kan Aldi.” Kata Gita pada Dera
“Wah tami.” Kata Dera sambil berlari mengejarku.
°°°°

“Mah Tami ke pantai dulu ya mau liat sunset.”
“Iya hati-hati ya sayang.”
“Iya mah.”
Aku menyusuri jalan di bibir pantai, sudah 2 minggu setelah kejadian itu Aldi sering hubunginku tapi aku berusaha menghindar aku gak mau ketemu Aldi dulu, aku ngerasa kalo aku terlalu berharap sama Aldi, aku harusnya sadar dia gak anggep aku siapa-siapa dan aku harusnya gak ketemu dia. Baru pertama kali aku rasain hal ini jatuh cinta dan sakit hati, aku rasa aku belom siap buat rasain sakit seperti ini. Untuk nenangin diri aku pergi ke Bali, kebetulan mamah juga ada kerjaan di Bali.

Jam 17.30 bentar lagi matahari tenggelam,aku duduk memandangi pemandangan pantai Bali disore hari. Masih aja ada wajah Aldi yang ada dipikiranku yang membuat hati ini semakin merasakan sakit yang luar biasa. Untuk mengalihkan pikiran aku memainkan kamera DSLR yang aku bawa, memotret apa yang ada di hadapan saat aku akan memotret ke arah kanan tiba-tiba ada sosok Aldi yang sudah duduk disebelahku.
“Elo kok ada di sini?”
“Gue nyariin lo.”
“Nyari gue, kok lo tau gue di sini?.”
“Itu gak penting, Mi kenapa lo menghindar dari gue sih.”
“Siapa juga yang menghindar.” Kataku gugup menutupi kebohonganku
“Mi gak usah bohong lagi, gue udah tau cerita dari Dera dan Gita.”
“Hahhh.. ember banget mereka, itu dulu gue waktu lagi bercanda aja Al.”
“Mi cewek waktu itu mantan gue, dia nyesel udah nyelingkuhin gue dia minta balikan.”
“trus gimana sekarang kalian balikan dong.”
“Gak, gue bilang sama dia kalo ada cewek yang udah buat gue lupain dia dan udah buat gue jatuh cinta itu lo mi.. lo Claudia Pratami.”
“Gue? Bercanda lo.”
“Gue serius.” Tiba-tiba Aldi memegang kedua tanganku dengan erat sambil melanjutkan kata-katanya “Gue cinta sam Lo Mi, eh sori aku cinta sama kamu Mi.”
“Ahh... Aku juga cinta sama kamu Al.” Kataku sambil memeluk Aldi
“Ciyeeee.. pasangan baru.” Tiba-tiba muncul Dera dan Gita mengagetkanku.
“eh lo berdua tukang ember, sini.” Kataku sambil mengejar mereka
Kebahagiaanku dan Cinta pertamaku terwujud di hamparan pantai dan sunset yang indah di pulau Bali.
°°°°
“TAMAT”

PROFIL PENULIS
Nama: Lupita Nilam Mayangsari
Panggilan: Lupita
Facebook: Lupita Nilam Mayangsari
Kesibukkan : kuliah UNDIP peternakan


Labels: , ,